Arsip Berita

07/09/2017 - Normalisasi Kali Ciliwung di Bukit Duri

Pekerjaan Normalisasi Kali Ciliwung yang mulai dikerjakan pada tahun 2013 hingga tahun 2016 dan diperpanjang 1 tahun untuk paket 1 dan 2 hingga tahun 2017 dengan menggunakan dana APBN sebesar 1,18 triliun.

06/09/2017 - Tanggul Laut di Jakarta Tahap 2 Paket 1 dan 2 di Jakarta Utara

Pelaksanaan Pekerjaan Pembangunan Pengamanan Pantai Di Jakarta dilakukan karena saat ini DKI Jakarta terancam banjir akibat pasang surut air laut (rob) dan luapan air sungai terutama di wilayah DKI Jakarta bagian utara. Kondisi ancaman tersebut diperparah dengan dengan kondisi penurunan muka tanah atau Land Subsidence yang mengakibatkan peningkatan resiko banjir secara signifikan untuk Kota Jakarta.

15/08/2017 - Pekerjaan Tanggul Laut Kalibaru Mencapai 57%

Pembangunan Terpadu Pesisir Ibukota Negara (PTPIN) atau National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) bertujuan sebagai upaya perlindungan terhadap ancaman banjir rob yang meningkat akibat penurunan permukaan tanah (land subsidence) dan kenaikan muka air laut melalui perkuatan dan peninggian tanggul laut dan tanggul muara sungai serta penataan kawasan pesisir pantai utara DKI Jakarta dan sekitarnya. Manfaatnya untuk menahan air laut akibat gelombang pasang air laut atau banjir rob, mengurangi kerugian ekonomi dan kerugian secara sosial akibat banjir rob dan sebagai batas jelas pengembangan daratan di kawasan pesisir.

11/07/2017 - Penataan Bataran Ciliwung

Penataan bantaran Ciliwung untuk pencegahan banjir di Jakarta diharapkan program penataan yang dilakukan pemerintah tetap berlanjut hingga selesai. Bantaran Ciliwung yang sudah diokupasi menjadi pemukiman padat merupakan penghambat utama. Penataan Kali Ciliwung di Bukit Duri diperkirakan menjadi lokasi pembebasan lahan yang sulit. Penataan Kali Ciliwung dari Jembatan Tongtek hingga Pintu Air Manggarai yang jaraknya sekitar 2,6 km. Dari panjang ini, baru sekitar 700 meter yang bisa dibebaskan, sisanya, 1,9 km, masih padat pemukiman.