Tanaman Pohon Dalam Rangka Hari Bakti PU ke-72

Dipublikasikan: 30/11/2017

Kegiatan Gerakan Peduli Mitigasi Bencana, Penghijauan dan Penanganan Sampah dalam Rangka Hari Bakti PU ke-72 Tahun 2017 dilakukan penanaman pohon di Situ Kebantenan, Kabupaten Bogor, Selasa, (28/11).

Gerakan Peduli Mitigasi Bencana yang di laksanakan dalam rangkaian Hari Bakti PU ke 72 ini di pelopori oleh DWP Kementerian PUPR bekerja sama dengan Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GNKPA) serta Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional, SNVT itjen Cipta Karya dan SNVT Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR yang melibatkan juga Pemangku kepentingan SDA, Pelajar, dan Masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan berupa penghijauan dan penanganan sampah dengan tema “Perlindungan dan Optimalisasi Fungsi Situ, Danau, Embung, Waduk dan Sumber Air Permukaan lainnya”.

Acara dihadiri oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rildo Ananda Anwar, jajaran Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian PUPR—antara lain, Kasubdit Penyehatan Lingkungan Permukiman Khusus Ditjen Cipta Karya Rudy Azrul Arifin, Kasi Pengelolaan Persampahan I Hani Mayana, Kasi Penyusunan Rencana Direktorat PKP Rozali Indra Saputra, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Peningkatan Kualitas Kawasan Permukiman I Anita Listyarini dan jajaran, Kepala BBWS Ciliwung Cisadane Jarot Widyoko beserta jajarannya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Yani Hassan, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Bogor beserta jajarannya, Pimpinan BUMN beserta Jajarannya, Kepala Balai Bendungan, Ibu-ibu Dharma Wanita Kementerian PUPR, Darma wanita BPJN VI, Darma wanita BBWS Ciliwung Cisadane, Darma wanita Balai Bendungan, Para Pelajar, Tokoh Masyarakat serta Komunitas/ Lembaga Swadaya Masyarakat Pemerhati Lingkungan di Kabupaten Bogor.

Penanaman 240 pohon di area Situ Kebantenan, Kelurahan Pakansari, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Penanaman pohon ini dilakukan secara terpadu dan serempak oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ibu-ibu Darma wanita Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Pemerintah Kabupaten Bogor, dan masyarakat Kabupaten Bogor termasuk perwakilan Forum BKM Kabupaten Bogor dampingan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU).

Saat melakukan penanaman pohon, Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rildo Ananda Anwar didampingi oleh Kepala BBWS Ciliwung Cisadane Jarot Widyoko, memimpin rombongan menuju masing-masing pohon yang sudah ditandai. Pohon yang ditanam terdiri dari pohon Jambu, pohon Sirsak, pohon Rambutan, pohon Klengkeng, pohon Mangga.

Irjen Kementerian PUPR Rildo Ananda Anwar mengatakan dalam sambutannya, Selain isu persampahan, terdapat isu lainnya yang harus menjadi perhatian bersama, yakni perlunya penghijauan guna meminimalisir bencana alam (banjir). Sejalan dengan tema pada kegiatan ini bahwa salah satu penyebab terjadinya bencana alam (banjir) di Indonesia adalah penyempitan badan air, alih fungsi lahan, sedimentasi dan pendangkalan, serta hilangnya sumber-sumber mata air, penghijauan dan penanganan sampah harus dilakukan secara terus menerus dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat. “Sehingga, lingkungan kita akan aman dan nyaman serta terhindar dari bencana,” tegasnya.

Kepala BBWS Ciliwung Cisadane Jarot Widyoko sebagai ketua panitia mengatakan, Upaya penanaman pohon untuk memulihkan Daerah aliran Sungai, mengamankan sempadan situ agar fungsi situ tidak terganggu oleh aktifitas yang berkembang disekitarnya dan merupakan upaya peningkatan nilai manfaat sumber daya yang ada di situ untuk memberikan hasil secara optimal sekaligus menjaga fungsi situ.

Selain Kegiatan Penanaman Pohon juga dilakukan kegiatan Sosialisasi Penanganan Sampah, ditampilkan pula film tentang Pengelolaan Persampahan, pemutaran film KOTAKU tentang kolaborasi, dan dilanjutkan dengan cerita praktik baik dari pelaksanaan KOTAKU dari Ditjen Cipta Karya.

Humas BBWS Ciliwung Cisadane