SOP Banjir

Salah satu tugas Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane adalah pengelolaan Sistem Informasi Sumberdaya Air. Untuk mendukung pengelolaan system informasi sumber daya air diperlukan pengelolaan terhadap sistem informasi hidrologi pada wilayah sungai.  Tugas dan fungsi pokok pengelolaan system informasi hidrologi tersebut dilaksanakan oleh Kasi Operasi dan Pemeliharaan SDA/PPK Operasi dan Pemeliharaan SDA, Kasubdit  Perencanaan dan Operasi, Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane. 

Data dasar dari hidrologi yang dimaksud adalah bahan dasar dari hasil pencatatan lapangan yang berupa Pengukuran Debit Sungai  dan Curah Hujan yang pernah terjadi, kemudian dilakukan analisa hidrologi sebagai informasi hidrologi dalam menunjang pembangunan di bidang sumber daya air khususnya dalam rangka menunjang kegiatan Monitoring Banjir.

Pemanfaatan data hidrologi dimanfaatkan oleh pemangku kepentingan/stakeholder yaitu, pemerintah, masyarakat, dunia pendidikan/universitas, pengusaha, konsultan dan institusi lainnya yang semakin meningkat membutuhkan dan menggunakan data hidrologi untuk keperluan rancang bangun sesuai dengan kebutuhannya.

Dengan berpedoman pada Visi Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane, Visi sub seksi hidrologi Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane yang akan dicapai pada tahun 2015, yaitu :

  1. Terbentuknya Unit Hidrologi Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane yang permanen;
  2. Terwujudnya Kerja Sama Operasional antar pengelola sumber daya air khususnya hidrologi di wilayah kerja Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane yang meliputi wilayah Jabodetabek;
  3. Tersedianya kebutuhan data bagi para pengguna secara lengkap, tepat dan akurat;
  4. Tersusunnya Publikasi Data Tahunan Hidrologi Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane.

Misi seksi Hidrologi BBWS Ciliwung Cisadane ”Meningkatkan keterbukaan serta ketersediaan data dan informasi yang akurat dan tepat waktu serta berkesinambungan dalam pengelolaan sumber daya air di Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane”.

Unduh berkas